Pengenalan Teknologi Informasi

Standar

Teknologi Informasi

Setelah kemarin saya sempat memposting tulisan mengenai sejarah dan pengertian dari teknologi informasi.. sekarang saatnya kita mengenal sedikit lebih jauh lagi mengenai teknologi informasi itu….
Berdasarkan waktu Informasinya teknologi informasi dibagi atas 4 era atau generasi yaitu :
1. Era Komputerisasi
Pada era ini teknologi informasi lebih dimanfaatkan pada sistem keuangan, contohnya untuk menghitung untung rugi suatu perusahaan, menghitung gaji karyawan, pengeluaran, pemasukan, dan untuk kepentingan laporan pada atasan.
Komputer pertama yang dipakai adalah MiniComputer.Permintaan komputer kecil (small-computer) untuk aplikasi bisnis dan ilmu pengetahuan/penelitian sangatlah besar sehingga tidak sedikit pembuat komputer hanya memproduksi small-computer saja. Small-computer ini lebih dikenal sebagai minicomputer. Digital Equipment Corporation (DEC) dan Data General Corporation (DGC) menjadi pemeran utama pertama dalam penjualan dan pembuatan minicomputer ini.

mini computer

mini computer

2. Era Teknologi Informasi
Di era ini teknologi dimanfaatkan untuk membuat pendataan.
Komputer di era ini pun tidak lagi menggunakan minicomputer melainkan sudah beralih pada personal computer (PC)
3. Era Sistem Informasi
SAP adalah nama yang tidak asing lagi bagi para praktisi dunia. Di era ini SAp mulai berkembang. SAP sendiri merupakan singkatan dari System Analysis and Program Development yang ditemukan oleh Wellenreuther, Hopp, Hector, Plattner, dan Tschira pada tahun 1972.Yang kemudian berganti menjadi “Systems Application and Products in Data Processing” pada tahun 1977. SAP adalah merupakan salah satu software ERP (Enterprise Structure) terkemuka dunia yang sekarang ini sedang banyak diimplementasikan oleh perusahaan-perusahaan di Asia.Di Indonesia sendiri, sudah banyak perusahaan-perusahaan besar dan menengah yang sudah berhasil mengimplementasikan SAP untuk mendukung proses bisnisnya.
Di era sistem informasi ini juga telah muncul Microsoft Office.
4. Era Globalisasi Informasi
Era ini yang berkembang saat ini, perkembangannya sangat pesat. Era ini ditandai dengan munculnya Internet dan berbagai jaringan komputer.
5. Era Future information
Dengan terus bertambahnya pengetahuan manusia mengenai teknologi informasi, tidak mustahil bahwa suatu saat sistem informasi akan mempengaruhi kehidupan masyarakat dunia dan mempengaruhi gaya kehidupannya. kehidupan manusia mendatang akan tergantung pada teknologi informasi yang berkembang. Jadi sebaiknya untuk para master-master teknik untuk lebih memahami apa yang benar-benar dibutuhkan oleh manusai masa mendatang yang dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi dan menambah pengetahuannya. Berbicara masa depan, kita pasti berbicara mengenai mimpi, mimpi-mimpi yang belum terwujud. Misalnya bagaimana untuk mengurangi polusi udara, bagaimana mencegah global warming. tentu kita bersama-sama menginginkan bahwa generasi kita nanti akan hidup di bumi yang lebih baik dari sekarang. kita tidak mungkin menginnginkan bahwa generasi manusia akan punah lebih cepat karena bumi yang sudah tidak layak lagi untuk di huni.

berbicara mengenai IT untuk masa mendatang, saya mengharapkan perkembangan ke yang lebih baik, perkembangan yang dapat menciptakan bumi yang lebih indah dan kurangnya polusi di dunia.

untuk IT yang berguna bagi kehidupan manusia, saya mengidamkan computer yang dapat paham bahasa manusia tanpa adanya bahasa pemrogaman yang mungkin masih beberapa orang yang tahu.  Dengan komputer yang mengerti bahasa manusia, semua orang akan bisa dengan mudah menggunakannya dan mengembangkannya.

Perkembangan komputer berdasarkan waktu :

1. Generasi Pertama ( Tahun 1939-1954)

Perkembangan komputer pada masa ini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) yang dikenal dengan tabung hampa udara, yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi data sebesar 160KW. komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980). ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibanding pendahulunya MARK 1.

2. Generasi Kedua (Tahun 1954-1959)

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.

3. Generasi Ketiga (Tahun 1959-1971)

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Yang kemudia mendorong para ilmuwan untuk membuat chip.

4. Generasi Keempat (1971-Sekarang)

Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.

Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet.

5. Generasi kelima

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhan. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian daripada sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model von Neumann. Model von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Kita tunggu saja akan berkembang menjadi apa teknologi informasi di masa mendatang.Kitalah yang kemudian akan menentukan masa depan yang lebih baik, praktis dan canggih di masa depan.

 

Sources :

http://mispa0911.wordpress.com/2009/10/22/pengertian-sap-dan-erp/
http://fadel05.tripod.com/komputer/sejarah.html
http://www.freewebs.com/literasikomputer/sejarah.htm
http://fadel05.tripod.com/komputer/sejarah.html

Wassalam…………..

Penulis



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s