Jenis-Jenis Komputer

Standar

Jenis-jenis komputer dibedakan atas beberapa kategori yaitu :

1. Jenis-jenis komputer berdasarkan Prosesor

  • Super Komputer

SuperKomputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan perhitungan, pada awal perkenlannya. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC). Seymour Cray sendiri memimpin pasaran pada tahun 1970 sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaannya sendiri, Cray Research.

Dia Kemudian memegang pasar superkomputer dengan desainnya sendiri dan menjadi pemimpin superkomputer selama 25 tahun (1965-1990). Setelah itu mulai banyak perusahaan yang membuat superkomputer dengan desain sendiri.

Superkomputer digunakan untuk tugas perhitungan intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir dan riset fusi nuklir), analisikrip,dll. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer.

Superkomputer biasanya unggul dalam kecepatan dari komputer biasa dengan desain inovatif yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit. Komputer ini biasanya menspesialisasikan untuk perhitungan tertentu, biasanya penghitungan angka,dan dalam tugas umum tidak bagus hasilnya. Hirarki Memorinya di desain hati-hati untuk mempastikan prosesornya tetap mnerima data dan instruksi setiap saat dalam kenyataan, perbedaan performa dengan komputer biasa terletak di memori dan komponennya. Sistem I/O nya juga di desain untuk mendukung bandwidth yang tinggi

Contoh gambar superkomputer :

Super Komputer

  • Mainframe Computer

Mainframe Computer atau komputer bingkai utama adalh komputer besar yang digunakan untuk memproses data dan aplikasi yangb besar. Mainframe umumnya digunakan dalam suatu perusahaan atau organisasi yang menangani data seperti sensus, riset penelitian,keperluan militer atau transaksi finansial.Mainframe dapat melayani ratusan pengguna pada waktu yang bersamaan. Pengguna-pengguna ini menggunakan terminal untuk dapat mengakses data dan aplikasi di dalam komputer besar ini. Komputer ini sangat mahal dan menghabiskan daya listrik dalam jumlah besar sehingga hanya perusahaaan besar yang mampu menggunakannya.

Komputer Bingkai Utama memiliki keunggulan bukan hanya dalam kecepatan pengolahan data, melainkan juga kompabilitas dengan berbagai aplikasi dan juga ketangguhannya. Mesin ini dapat bekerja dalam waktu lama tanpa interupsi sama sekali. Faktor inilah yang menjadi alasan bagi perusahaan untuk menggunakan mainframe. Biaya yang harus ditanggung akan menjadi sangat besar apabila mesin operasional harian berhenti berjalan.

Di tahun 1960an, Komputer Bingkai Utama tidak memiliki fitur interaktif. Pengguna harus menggunakan kartu magnetik dan menjalankan proses akhir hari secara manual dengan mengetikkan instruksi satu per satu. Di awal 1970 mainframe mulai memiliki interface yang interaktif dan memudahkan pengguna. Di masa ini pula pengguna mainframe tetap dapat melakukan akses pada saat proses akhir hari berjalan. Pengguna melakukan akses ke mainframe melalui terminal  khusus. Baru beberapa puluh tahun belakangan ini pengguna dapat mengakses mainframe melalui komputer personal dengan menggunakan emulator sebagai perantara.

Berikut contoh gambar dari Mainframe Computer :

Mainframe Komputer

  • Mini Computer

Mini Computer atau komputer mini adalah kelas komputer multi user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer multi user seperti komputer pribadi. Istilah komputer mini dcalam era sekaramng ini sudah dianggap kuno dan diganti dengan istilah-istilah seprti komputer menengah IBM (Midrange system) dalam dunia IBM, stasiun kerja dll.

Ada juga yang mengatakan bahwa minicomputer itu adalah bentuk mini dari komputer mainframe yang memililki puluhan unit processor. Minicomputer ditujukan untuk perusahaan yang cukup
besar.

Gambar MiniComputer :

Mini Computer

  • Personal Computer

Istilah Komputer Pribadi atau Personal Computer mempunyai beberapa arti:

  • Istilah umum yang merujuk pada komputer yang dapat digunakan dan diperoleh orang dengan mudah.
  • Istilah umum yang merujuk kepada mikrokomputer yang sesuai dengan spesifikasi IBM.
  • Komputer pribadi yang pertama kali dikeluarkan oleh IBM dan secara tidak langsung mencetuskan penggunaan istilah PC (Personal Computer)

Generasi mikrokomputer yang pertama hanya dijual dalam jumlah kecil kepada orang yang mampu membeli(membuat dan merakit sendiri), dan mengoperasikannya, yaitu: para insinyur dan penggemar bidang elektronika. Mikrokomputer generasi kedua lebih dikenal sebagai komputer rumah (home computer).

Istilah komputer pribadi pertama kali digunakan di majalah New Scientist pada tahun 1964 dalam artikel berseri yang berjudul “The World in 1984″ (Dunia pada Tahun 1984). Dalam “The Banishment of Paper Work” (Hilangnya Pekerjaan Tulis-Menulis), Arthur L. Samuel dari Pusat Penelitian Watson (Watson Research Center) nya IBM menulis, “Meskipun mungkin saja kita dapat memperoleh pendidikan di rumah melalui PC orang tersebut sendiri, sifat asli manusia tetap tak akan berubah.”

Generasi pertama mikrokomputer mulai bermunculan pada tahun 70-an. Namun begitu, ia tidak berkemampuan tinggi, dan kurang cakap dibandingkan dengan komputer bisnis (Business Computer) pada waktu itu, sehingga hanya digunakan oleh peminat komputer, atau hanya untuk permainan elektronik serta penggunaan bulletin board system. Seperti pada komputer modern di era chip silikon  PC menggunakan mikrokomputer sebagai Unit Pemroses Pusat . Mikroprosesor yang pertama dipakai pada PC IBM adalah Intel4004 yang dikeluarkan pada 15 November 1971.

Mikrokomputer menjadi alat perniagaan ketika program spreadsheet VisiCalc diluncurkan untuk mesin Apple II, dan kemudian untuk kelompok 8-bit Atari, Commodore PET, dan PC IBM yang menjadi program aplikasi terpopuler. Pada sekitar tahun 1980an, harga komputer pribadi yang rendah menjadi sebab utama kepopularannya untuk kegunaan di rumah serta bisnis. Pada tahun 1982, majalah Time memberikan “Komputer Pribadi” gelar “Man of the Year”.

Kebanyakan PC menggunakan arsitektur piranti keras (hardware) yang kompatibel dengan PC IBM, contohnya prosesor yang kompatibel dengan x86 buatan Intel seperti produk dari AMD dan Cyrix. Kemampuan piranti keras PC biasanya dapat dikembangkan dengan penambahan kartu tambahan (expansion card).

Komputer pribadi dapat dibagi dalam beberapa jenis:

  • Komputer desktop
  • Notebook atau Laptop
  • PDA
  • Komputer yang bisa dipakaikan ke badan (wearable computer)

Berikut contoh PC :

Personal Computer

2. Jenis Komputer Berdasarkan Bentuk

  • Tower

Komputer ini memiliki  ukuran fisk relatif lebih besar dibandingkan dengan komputer jenis desktop, cocok untuk diletakkan di samping atau di atas meja. Memiliki ruang untuk expantion slot lebih banyak (tempat untuk memasang cardtambahan), sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan. Biasanya diletakkan disamping atau dibawah meja, karena ukurannya yang relatif besar, sehingga memenuhi meja.

Gambar Tower Komputer :

Tower Komputer

  • Desktop

Komputer Meja atau Desktop  adalah komputer pribadi yang ditujukan untuk penggunaan secara umum di satu lokasi yang berlawanan dengan komputer jinjing ataukomputer portabel. Periferal-periferal komputer meja seperti tampilan komputer, CPU, dan papan ketik terpisah satu sama lain dan relatif berukuran besar (juga berlawanan dengan periferal pada komputer jinjing yang terintegrasi dan berukuran kecil). Komputer jenis ini dirancang untuk diletakkan dan digunakan di atas meja dirumah atau kantor. Komputer meja merupakan komputer yang paling terjangkau dan paling umum digunakan.

Gambar Desktop :

Desktop

  • Portable Computer

Dalam arti sesungguhnya portable adalah bisa dibawa kemana-mana, jadi komputer portable adalah komputer yang bisa dibawa kemana-mana.Ukuran fisiknya sedikti lebih kecil dari komputer desktop dan tower. Seluruh bagian-bagiannya dijadikan satu agar mudah dibawa kemana-mana. Jenis komputer ini diciptakan untuk orang yang sering bekerja berpindah-pindah atau dilapangan.

Contoh Gambar Portable :

Portable Computer

  • Notebook

Sesuai dengan jenisnya ukuran fisik komputer ini sebesar notebook, bentuk dan ukurannya hampir sama dengan komputer Laptop.

Netbook merujuk pada spesies komputer jinjing yang memiliki spesifikasi tertentu. > Sebuah netbook umumnya menggunakan prosesor IntelAtom. > Jenis komputer jinjing ini berukuran kecil, biasanya dengan layar di bawah 12 inci dan berat kurang lebih 1 kg.

Netbook mulai populer ketika Asus mengeluarkan produk bernama Eee PC. Ketika itu, komputer dengan harga murah ini menggunakan harddisk layaknya sebuah media penyimpan portabel USB Flash Disk (UFD), dengan kapasitas rendah 4GB.

Gambar Netbook :

Notebook

  •  Subnotebook

Ukurannya sebesar kertas kwarto, tebal kira-kira 5 cm, dan masih terus dikembangkan untuk mengecilkan ukurannya.

Subnotebook atau ultraportable atau mini notebook adalah komputer yang sama kelasnya dengan laptop namun ukurannya lebih kecil dan lebih ringan dari laptop pada umumnya Biasanya sulit bagi seseorang untuk membedakan mana subnotebook, notebook ataupun laptop, yang membedakannya adalah ukuran dan cara kerjanya. Biasanya Notebook lebih mahal sedikit dibandingkan dengan subnotebook, karena subnotebook biasanya digunakan untuk sambungan internet atau menggunakan perangkat microsoft yang sederhana, mengedit, intinya hanya digunakan untuk jenis pekerjaan yang ringan.

Subnotebooks memilikiukuran yang lebih kecil dari laptop tetapi lebih besar dari komputer genggam. Subnotebook memiliki layar berukuran lebih kecil, kurang dari 14 inci, dan berat kurang dari laptop biasa, biasanya menjadi kurang dari 2 kg. Biasanya untuk menghilangkan berat atau ukuran suatu perusahaan subnotebook menghilangkan port, menghilangkan beberapa media atau meniadakan CD drive.

Gambar Subnotebook :

Subnotebook

  • Palmtop
Sebuah komputer Palmtop adalah sebuah komputer sangat kecil yang bisa Anda simpan di satu tangan dan memanipulasi dengan yang lain.
Ini jenis komputer memiliki keyboard khusus atau keypad untuk memasukkan data, atau keyboard QWERTY kecil.
Nama lain untuk palmtop adalah komputer genggam, komputer saku dan PDA.
Fitur utama dari komputer ini adalah bahwa mereka kecil, ringan, menarik daya dari baterai dan dimaksudkan untuk penggunaan umum.masukan mereka termasuk keyboard mesin tik dan output terdiri dari display, LCD kecil penuh warna.
Palmtop memiliki pengolah kata, program spreadsheet, kalender dan buku telepon.
Karakteristik penting adalah bahwa sistem operasi kompatibel dengan yang PC.
Berbagai program dapat diinstal dan dijalankan dan data dapat ditransfer ke dan dari komputer desktop. Berbeda dengan asisten digital pribadi, ia memiliki memori lebih, keyboard dan program yang tersedia banyak.
Handheld komputer biasanya tidak memiliki disk drive karena ukurannya yang kecil mereka. Mereka memiliki slot PCMCIA dimana disk drive, modem, memori atau perangkat lain bisa dimasukkan ke dalam.
Palmtop yang tidak menggunakan keyboard tetapi pena disebut PDA atau komputer genggam.
Baru-baru ini serikat didirikan antara perusahaan software pengembangan Rochester dan pemasok California hardware nirkabel.
Tujuannya adalah untuk melepaskan sambungan LAN nirkabel pertama antara palmtop dan basis data sistem perusahaan. Hal ini memungkinkan palmtop untuk menjalankan fungsi yang sama seperti laptop dan memiliki akses ke informasi yang disimpan secara elektronik.
Salah satu penggunaan yang paling umum dan signifikan palmtop adalah dengan aparat keamanan. Tidak seperti sebelumnya, ketika mereka harus menulis rencana mereka di atas kertas, militan saat ini menggunakan palmtop mana mereka menyimpan informasi tentang operasi mereka, lokasi dan rincian penting lainnya. Saat mereka mengakui, mereka tetap jumlah besar data dalam komputer kecil.
Seperti penelitian di kalangan siswa telah menunjukkan, salah satu manfaat terbaik dari palmtop adalah built-in program Database. Hal ini digunakan untuk menyimpan informasi tentang proyek yang berbeda dan tugas sehari-hari juga. Data tersebut mudah ditemukan di dalamnya dan tidak pernah tersesat.
Hampir semua perangkat PDA tidak operasional dengan keyboard seperti komputer palmtop. Sebagai alternatif, mereka menggunakan pena berdasarkan dan mengandalkan pada perangkat keras tertentu yang akrab dengan input tulisan tangan.
Setelah mengetuk pilihan pada menu Anda dapat menampilkan cetak karakter untuk menulis informasi. Sejumlah komputer palmtop juga dapat menggabungkan sebuah keyboard layar digunakan untuk aksesibilitas yang lebih baik.
Contoh Gambar Palmtop :

Palmtop

3. Jenis-jenis Komputer berdasarkan Jenis Data yang Diolah

  • Komputer Analog

Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data kualitatif. Data yang ada bukan merupakan simbol, tetapi masih merupakan suatu keadaan. Seperti misalnya: keadaan suhu ataupun kelembaban udara, ketinggian ataupun kecepatan adalah merupakan suatu keadaan yang oleh komputer kemudian ditetapkan sehingga menjadi suatu ukuran.Analog banyak dipakai dipabrik-pabrik yang tujuannnya untuk mengontrol ataupun menghasilkan suatu produk. Pengertian komputer analog lebih mendekati dengan robotic ataupun mesin otomatis.

Gambar :

Komputer Analog

  • Komputer Digital

Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kwantitatif (sangat banyak jumlahnya). Data dari digital komputer biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu, misalnya: simbol aphabetis yang digambarkan dengan huruf A s/d Z ataupun a s/d z, simbol numerik yang digambarkan dengan angka 0 s/d 9 ataupun simbol-simbol khusus, seperti halnya: ? / + * & !.Komputer ini merupakan komputer yang kebanyakan yang kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain.

Gambar :

Komputer Digital

  • Komputer Hybrid

Merupakan komputer yang memiliki kemampuan dari komputer analog dan komputer digital. Komputer jenis ini diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya.

Komputer jenis ini banyak digunakan oleh berbagai rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien, yang pada akhirnya, komputer bisa mengeluarkan berbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan.

Gambar :

Komputer Hybrid

4. Jenis Komputer berdasarkan Tujuan :

  • Special Purpose Computer

Special-purpose computer digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun aplikasi khusus. Special purpose pada awalnya merupakan general-purpose, yang digunakan secara khusus dan disesuaiakan dengan konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.

Sebagai contoh konfigurasi dari special purpose computer yang digunakan pada sistem komputer berskala besar adalah front-end processor; yang digunakan untuk mengontrol fungsi input dan output dari komputer utama. Contoh lain dari special purpose computer adalah adalah back-end processor, yang mengambil data dari storage serta meletakkan dan mengaturnya kembali kedalam storage.Dedicated processor juga merupakan special purpose computer yang bagian dalamnya telah dirubah sedemikian rupa agar memiliki fungsi khusus. Dedicated processor dirancang sedemikian rupa agar bisa digunakan untuk menyelesaikan langkah dan proses khusus, dimana hal ini bisa ditemui pada: berbagai robot yang digunakan pada pabrik, mesin-mesin kesehatan dipelbagai rumah sakit serta aneka video game.

Ciri-cirinya adalah :

. Komputer yang dirancang untuk kebutuhan khusus
. Program tertentu sudah tersimpan di dalam komputernya
. Dapat berupa komputer analog maupun digital
. Umumnya adalah komputer analog

Gambar :

Special Purpose Computer

  • General Purpose Computer

Komputer yang umum digunakan pada setiap hari, juga bisa disebut sebagai general-purpose computer, dimana bisa digunakan untuk menyelesaikan berbagai variasi pekerjaaan. Komputer jenis ini dapat menggunakan berbagai software, bermacam-macam langkah yang saling menyempurnakan, termasuk didalamnya penulisan dan perbaikan (word-processing), manipulasi fakta-fata didalam database, menyelesaikan pelbagai perhitungan ilmiah, ataupun mengontrol sistem keamanan organisasi, pembagian daya listrik serta temperatur.

Walaupun general purpose computer dapat diprogram untuk digunakan dalam beberapa fungsi, tetap mempunyai batasan-batasan dalam hal kemampuan, ukuran ataupun persyaratan. Sebagai contoh, general purpose computer tidak bisa digunakan untuk memproses perhitungan seluruh data statistik yang dibutuhkan untuk peramalan cuaca ataupun pengetesan pesawat terbang.

Ciri-Cirinya adalah :

. Komputer yang dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah
. Dapat berupa komputer analog maupun digital
. Umumnya adalah komputer digital
Gambar :

general Komputer

TERIMA KASIH

Salam Penulis

Sources :

http://id.wikipedia.org/wiki/Superkomputer

http://id.wikipedia.org/wiki/Mainframe

http://haksa12.wordpress.com/

http://id.wikipedia.org/wiki/minicomputer

http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer_pribadi

http://pintarkomputercom.blogspot.com/2009/01/pc-personal-komputer.html

http://radmarssy.wordpress.com/2007/02/07/jenis-jenis-komputer/

http://t1nez.blogspot.com/2009/02/pengenalan-sistem-komputer-software.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Desktop

http://products.howstuffworks.com/toshiba-satellite-m115-series-portable-computer-review.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Subnotebook

http://blogkushoken.blogspot.com/2011/03/palmtop-computer.html

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/intro1-cad.html

http://coretanarsam.wordpress.com/2010/11/01/jenis-jenis-komputer/

http://deituc.wordpress.com/2011/03/14/komputer-kuantum-komputer-masa-depan/

http://pengertian-imam.blogspot.com/2010/12/pengertian-dan-jenis-komputer.html

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s